Assalamualaikum
wr.wb
Selamat Pagi Siang
Sore dan Malam
Salam Sejahtera
untuk kita semua :)
Baiklah, di minggu
yang ketersekian *cielah. Saya akan memposting kembali tentang mata kuliah
Pengantar Bisnis. Tapi jangan sampai bosen yah ;-) karena ini memang juga salah
satu pengetahuan yang penting dalam Ilmu Ekonomi loh. Apalagi yang memang mau
menjadi sarjana ekonomi atauun menjadi magister dan doktor bahkan profesor. Semua
hal yang menyangkut tentang Ilmu Ekonomi maka harus dipelajari juga kawan :D
Maka, oleh karena
itu disini saya akan kembali memposting tentang Pemasaran. Nah, ada yang tahu
kah tentang Pemasaran? Heum. Kalau gitu akan saya posting sekilas tentang
pemasaran. Semoga apa yang saya upload/posting bisa berguna dan bermanfaat
untuk kita semua :) Aamiin.
Seperti soal yang pertama :
Apa yang dimaksud dengan Pemasaran?
Untuk sekian lama, pengertian pemasaran sering dikaitkan dengan arti
penjualan. Pengertian pemasaran sebenarnya lebih luas dari kegiatan penjualan. Bahkan
sebaliknya, penjualan adalah sebagian dari kegiatan pemasaran.
Tujuan kegiatan pemasaran bukanlah sederhana dan sepihak (untuk kepuasan
konsumen saja). Tetapi tujuan
sebenarnya adalah demi kepentingan perusahaan juga. Konsumen yang puas karena
kebutuhannya terpenuhi akan merupakan pelanggan yang menguntungkan perusahaan. Dengan
kata lain, tujuan perusahaan akan dicapai melalui pencapaian tujuan konsumen. Pemasaran
juga bukan monopoli kegiatan bisnis yang mendasarkan keuntungan saja. Individual
atau organisasi nonprofitpun perlu melakukan kegiatan pemasaran untuk
pencapaian tujuannya.
Banyak ahli yang telah memberikan definisi
atas pemasaran ini. Definisi yang diberikan sering berbeda antara ahli yang
satu dengan ahli yang lain. Perbedaan ini disebabkan karena adanya perbedaan
para ahli tersebut dalam memandang dan meninjau pemasaran. Dalam kegiatan
pemasaran ini, aktivitas pertukaran merupakan hal sentral. Pertukaran merupakan kegiatan pemasaran dimana seseorang berusaha
menawarkan sejumlah barang atau jasa dengan sejumlah nilai keberbagai macam
kelompok social untuk memenuhi kebutuhannya. Pemasaran sebagai kegiatan manusia diarahkan untuk memuaskan
keinginan dan kebutuhan melalui proses
pertukaran.
Ada
beberapa definisi mengenai pemasaran diantaranya adalah :
a. Philip Kotler, 1977 (Marketing) pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk
memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.
b. Menurut Philip Kotler dan
Amstrong pemasaran adalah sebagai suatu proses sosial dan managerial yang
membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan
lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang
lain.
c. Pemasaran adalah suatu sistem total dari
kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi
dan mendistribusikan barang- barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai
pasar sasaran serta tujuan perusahaan.
d. Menurut William J. (1984:7) Stanton pemasaran adalah sistem keseluruhan dari
kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga,
mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan
kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.
e. Manusia harus
menemukan kebutuhannya terlebih dahulu, sebelum ia memenuhinya. Usaha untuk
memenuhi kebutuhan tersebut dapat dilakukan dengan cara mengadakan suatu
hubungan. Dengan demikian pemasaran bia juga diartikan suatu usaha
untuk memuaskan kebutuhan pembeli dan penjual (Swasta, 1996).
f. Pemasaran adalah system
keseluruhan dari kegiatan-kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan,
menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa yang
dapat memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial
(Basu dan Hani 2004:4).
Dari beberapa definis yang menyangkut Pemasaran. Maka,
pengertia Pemasaran secara umum adalah Kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis
(profit atau nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang dan atau
jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses
pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
Nah, mungkin dari beberapa yang dijelaskan secara sekilah
kita lanjut saja ke materi selanjutnya. Takutnya banyak yang diposting malah
membuat kalian jadi malah pusing sendiri. Tapi jika kalian mau request bahasan.
Bisa langsung dengan comment di blog saya hehehe
Di pertanyaan kedua ini :
Mengapa pemasaran sering
disebut juga sebagai permintaan?
Akan dijelaskan dulu tentang
apa itu Manajemen Pemasaran agar saat dijelaskan sebagai permintaan tidak
terlalu membingungkan. Manajemen
pemasaran
merupakan kegiatan yang dikoordinasikan dan dikelola
dengan baik.
Definisi
manajemen pemasaran menurut Kotler yang dikutip
Basu Swastha dan Hani Handoko, (1997:4) sebagai berikut: “Manajemen Pemasaran adalah penganalisaan,
perencanaan dan pengawasan program-program yang
bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan
maksud untuk mencapai tujuan perusahaan”.
Manajemen Pemasaran disebut
juga sebagai Permintaan karena adanya suatu analisis, perencanaan, implementasi, dan
pengendalian dari program-program yang dirancang untuk menciptakan, membangun
dan mempertahankan pertukaran yang bermanfaat dengan pembeli untuk mencapai
tujuan-tujuan organisasi.
Manajemen pemasaran meliputi mengatur permintaan, yang
selanjutnya mencakup mengatur hubungan dengan pelanggan. Definisi ini mempunyai
beberapa pengertian penting mengingat :
1.
Seluruh sistem dari kegiatan bisnis harus
berorientasi ke pasar atau konsumen.
2.
Keinginan konsumen harus diketahui dan
dipuaskan secara efektif.
3.
Pemasaran adalah proses bisnis yang dinamis
karena merupakan sebuah proses integral yang menyeluruh dan bukan gabungan
aneka fungsi dan pranata yang terurai.
4.
Program pemasaran dimulai dengan sebutir
gagasan produk dan tidak terhenti sampai keinginan konsumen benar-benar
terpuaskan, mungkin beberapa waktu setelah penjualan dilakukan.
5.
Untuk berhasil pemasaran harus memaksimalkan
penjualan yang menghasilkan laba dalam jangka panjang.
Kegiatan pemasaran agar supaya dapat berjalan
sesuai dengan tujuannya maka diperlukan adanya kegiatan manajemen atau
manajerial. Kegiatan manajerial yang utama adalah : perencanaan, organisasi,
koordinasi kerja, dan pengawasan. Adapun tugas manajer pemasaran adalah :
1.
Perencanaan terhadap kegiatan pemasaran
2.
Menggiatkan pelaksanaan kegiatan pemasaran
3.
Pengendalian kegiatan pemasaran
Biar lebih jelasnya terdapat keadaan
Permintaan dan Tugas Pasar dalam Manajemen Pasar, diantaranya:
1. Permintaan negative
1. Permintaan negative
Sebagian
besar pasar tidak menyukai produk. Tugas pemasar adalah menganalisis mengapa
pasar tidak menyukai produk, dan apakah suatu program pemasaran dapat mengubah
kepercayaan dan sikap pasar melalui perancangan kembali produk, harga yang
lebih rendah dan promosi yang lebih positif.
2. Tidak ada permintaan
Tidak
memiliki kepentingan terhadap manfaatnya. Tugas pemasar adalah menemukan cara
untuk menghubungkan manfaat produk dengan kebutuhan dan minat pasar.
3. Permintaan terpendam
Memiliki
harsat kuat terhadap sesuatu yang tidak dapat dipuaskan oleh produk atau jasa
yang ada. Tugas pemasar adalah mengukur besarnya pasar potensial ini dan
mengembangkan barang serta jasa yang akan memuaskan permintaan terhadap produk
tersebut.
4. Permintaan yang menurun
Setiap organisasi cepat atau lambat menghadapi
menurunnya permintaan terhadap satu atau lebih produknya. Tugas pemasaran
adalah meningkatkan kembali permintaan yang menurun melalui upaya pemasaran
kembali produk bersangkutan dengan cara kreatif.
5. Permintaan yang tidak teratur
Permintaan
yang berubah ubah menurut musim, hari, atau bahkan jam. Tugas pemasaran adalah
menemukan cara untuk mengubah pola waktu permintaan melalui cara penentuan
harga yang lebih fleksibel, promosi dan rangsangan lainnya.
6. Permintaan penuh
Menghadapi
permintaan penuh apabila organisasi itu puas terhadap volume atau hasil yang
telah dicapainya. Tugas pemasaran adalah mempertahankan tingkat permintaan ini
di tengah perubahan selera konsumen serta meningkatnya persaingan.
7. Permintaan yang berlebihan
Menghadapi permintaan tingkat yang lebih tinggi dari
pada yang dapat atau ingin dilayaninya. Tugas pemasaran adalah melakukan
demarketing yaitu menemukan cara untuk mengurangi permintaan sementara maupun
permanen, seperti dengan menaikan harga, mengurangi promosi ataupun aktivitas
pelayanan.
8. Permintaan yang tidak sehat
Akan
memunculkan upaya yang terorganisasi untuk mengurangi ataupun mencegah
penggunaannya. Tugas pemasaran adalah mengajak orang orang yang mengemari
produk produk ini untuk mengurangi atau meninggalkannya, dengan peningkatan
harga, memberikan ancaman bagi yang menggunakan, maupun mengurangi ketersediaan
produknya.
Agak rumit sih,
tapi semoga dari ringkasan yang saya buat semoga kalian para pembaca. Merasa puas
dengan apa yang saya postingkan. hehehe
Baiklah kita lanjut
untuk soal yang terakhir yakni :
Jelaskan apa
bedanya Kebutuhan dan Keinginan berdasarkan Konsep Inti Pemasaran?
Meskipun peran
pemsaran sangat penting dalam setiap kegiatan bisnis, pemahaman pengertianya
tidaklah seragam karena pengaruh beberapa faktor. Lingkungan, kondisi pasar,
sifat produk, dan terutama pandangan pemasar atau pihak yang berkepentingan
terhadap pemasaran tersebut. Dengan kata lain dapat dikatakan bahwa konsep pemasaran
yang dianut oleh masing-masing perusahaan tidaklah sama. Konsep pemasaran
perusahaan falsafah atau anggapan yang dipercaya oleh perusahaan sebagai dasar
dari setiap kegiatannya untuk melayani kebutuhan konsumen. Konsep pemasaran ini
dalam perjalanan waktunya mengalami perkembangan (evolusi pemikiran). Konsep pemasaran bertujuan memberikan kepuasan terhadap keinginan dan kebutuhan konsumen.
Konsep pemasaran merupakan falsafah perusahaan yang menyatakan
bahwa keinginan pembeli adalah syarat utama bagi kelangsungan hidup perusahaan.
Definisi konsep pemasaran menurut Basu Swastha (2002:17) “Konsep pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa
pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomis dan sosial bagi kelangsungan
hidup perusahaan”.
Berdasarkan konsep inti pemasaran bukan hanya kebutuhan dan keinginan saja
tetapi ada juga permintaan. Ada perbedaan antara kebutuhan, keinginan dan
permintaan.
Kebutuhan manusia adalah keadaan dimana
manusia merasa tidak memiliki kepuasan dasar. Kebutuhan tidak diciptakan oleh
masyarakat atau pemasar, Namun, sudah ada
dan terukir dalam hayati kondisi manusia. Seperti keadaan merasa tidak memiliki kepuasan dasar.
Contoh :
a. Manusia lapar, maka butuh makanan
b.
Saat manusia haus, maka ia butuh minum untuk
menghilangkan rasa hausnya
c. Saat manusia merasa
mengantuk, maka manusia butuh tidur untuk mengistirahtkan tubuhnya sejenak
Keinginan adalah hasrat akan pemuas tertentu
dari kebutuhan tersebut. Keinginan manusia dibentuk oleh kekuatan dan institusi
sosial. Seperti bentuk kebutuhan manusia yang dihasilkan oleh budaya
dan kepribadian individual.
Contoh :
a.
Orang Madiun
sarapan dengan nasi pecel
b.
Orang Sunda sarapan dengan lalap lalapan
c.
Orang Padang sangat suka makanan pedas
Sedangkan Permintaan adalah keinginan akan
sesuatu yang didukung dengan kemampuan serta kesediaan membelinya.
Contoh : Seseorang membeli baju dengan kartu kredit ATM di sebuah
Departement store
Keinginan
menjadi permintaan bila didukung dengan daya beli. Perbedaan ini bisa
menjelaskan bahwa pemasar tidak menciptakan kebutuhan; kebutuhan sudah ada
sebelumnya. Pemasar mempengaruhi keinginan dan permintaan dengan membuat suatu
produk yang cocok, menarik, terjangkau dan mudah didapatkan oleh pelanggan yang
dituju.
Demikian yang dapat saya posting sekilas tentang bahasan Pemasaran dalam
pengantar bisnis ini. Semoga apa yang saya posting dapat bermanfaar J Aamiin. Kritik dan saran saya tunggu demi pembangunan ke depan Blog saya
ini J terima kasih. Semoga hari dan waktu anda selalu menyenangkan :)
Wassalamualaikum wr.wb
Sumber :
Aniisniis. Pemasaran. <http://aniisniis.blogspot.com/2010/11/pemasaran.html>.
8 November 2013
Budiarto teguh, 1993. Dasar-Dasar Pemasaran. Gunadarma : Jakarta
Majidbsz. Pengertian konsep definisi pemasaran. <http://majidbsz.wordpress.com/2008/06/30/pengertian-konsep-definisi-pemasaran/>.
8 November 2013
Supardiyo. <http://supardiyo.wordpress.com/tag/manajemen-pemasaran-manajemen-pemasaran/>.
8 November 2013
2 komentar:
artikelnya sangat bermanfaat kak...
terima kasih ^^ semoga bisa berguna
Posting Komentar