Jumat, 08 November 2013

Tugas 4 - Pengantar Bisnis



Assalamualaikum wr.wb
Selamat Pagi Siang Sore dan Malam
Salam Sejahtera untuk kita semua :)

Baiklah, di minggu yang ketersekian *cielah. Saya akan memposting kembali tentang mata kuliah Pengantar Bisnis. Tapi jangan sampai bosen yah ;-) karena ini memang juga salah satu pengetahuan yang penting dalam Ilmu Ekonomi loh. Apalagi yang memang mau menjadi sarjana ekonomi atauun menjadi magister dan doktor bahkan profesor. Semua hal yang menyangkut tentang Ilmu Ekonomi maka harus dipelajari juga kawan :D
Maka, oleh karena itu disini saya akan kembali memposting tentang Pemasaran. Nah, ada yang tahu kah tentang Pemasaran? Heum. Kalau gitu akan saya posting sekilas tentang pemasaran. Semoga apa yang saya upload/posting bisa berguna dan bermanfaat untuk kita semua :) Aamiin. 

Seperti soal yang pertama :
Apa yang dimaksud dengan Pemasaran?
Untuk sekian lama, pengertian pemasaran sering dikaitkan dengan arti penjualan. Pengertian pemasaran sebenarnya lebih luas dari kegiatan penjualan. Bahkan sebaliknya, penjualan adalah sebagian dari kegiatan pemasaran.
Tujuan kegiatan pemasaran bukanlah sederhana dan sepihak (untuk kepuasan konsumen saja). Tetapi tujuan sebenarnya adalah demi kepentingan perusahaan juga. Konsumen yang puas karena kebutuhannya terpenuhi akan merupakan pelanggan yang menguntungkan perusahaan. Dengan kata lain, tujuan perusahaan akan dicapai melalui pencapaian tujuan konsumen. Pemasaran juga bukan monopoli kegiatan bisnis yang mendasarkan keuntungan saja. Individual atau organisasi nonprofitpun perlu melakukan kegiatan pemasaran untuk pencapaian tujuannya.
Banyak ahli yang telah memberikan definisi atas pemasaran ini. Definisi yang diberikan sering berbeda antara ahli yang satu dengan ahli yang lain. Perbedaan ini disebabkan karena adanya perbedaan para ahli tersebut dalam memandang dan meninjau pemasaran. Dalam kegiatan pemasaran ini, aktivitas pertukaran merupakan hal sentral. Pertukaran merupakan kegiatan pemasaran dimana seseorang berusaha menawarkan sejumlah barang atau jasa dengan sejumlah nilai keberbagai macam kelompok social untuk memenuhi kebutuhannya. Pemasaran sebagai kegiatan manusia diarahkan untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan melalui proses pertukaran.

Ada beberapa definisi mengenai pemasaran diantaranya adalah :
a.  Philip Kotler, 1977 (Marketing) pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.
b.  Menurut Philip Kotler dan Amstrong pemasaran adalah sebagai suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.
c. Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang- barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan.
d.  Menurut William J. (1984:7) Stanton pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.
e.   Manusia harus menemukan kebutuhannya terlebih dahulu, sebelum ia memenuhinya. Usaha untuk memenuhi kebutuhan tersebut dapat dilakukan dengan cara mengadakan suatu hubungan. Dengan demikian pemasaran bia juga diartikan suatu usaha untuk memuaskan kebutuhan pembeli dan penjual (Swasta, 1996).
f.    Pemasaran adalah system keseluruhan dari kegiatan-kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial (Basu dan Hani 2004:4).
Dari beberapa definis yang menyangkut Pemasaran. Maka, pengertia Pemasaran secara umum adalah Kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis (profit atau nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang dan atau jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.

Nah, mungkin dari beberapa yang dijelaskan secara sekilah kita lanjut saja ke materi selanjutnya. Takutnya banyak yang diposting malah membuat kalian jadi malah pusing sendiri. Tapi jika kalian mau request bahasan. Bisa langsung dengan comment di blog saya hehehe

Di pertanyaan kedua ini :
Mengapa pemasaran sering disebut juga sebagai permintaan?
Akan dijelaskan dulu tentang apa itu Manajemen Pemasaran agar saat dijelaskan sebagai permintaan tidak terlalu membingungkan. Manajemen pemasaran merupakan kegiatan yang dikoordinasikan dan dikelola dengan baik.

Definisi manajemen pemasaran menurut Kotler yang dikutip Basu Swastha dan Hani Handoko, (1997:4) sebagai berikut: Manajemen Pemasaran adalah penganalisaan, perencanaan dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan”.

Manajemen Pemasaran disebut juga sebagai Permintaan karena adanya suatu analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian dari program-program yang dirancang untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan pertukaran yang bermanfaat dengan pembeli untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi.


Manajemen pemasaran meliputi mengatur permintaan, yang selanjutnya mencakup mengatur hubungan dengan pelanggan. Definisi ini mempunyai beberapa pengertian penting mengingat :
1.      Seluruh sistem dari kegiatan bisnis harus berorientasi ke pasar atau konsumen.
2.      Keinginan konsumen harus diketahui dan dipuaskan secara efektif.
3.      Pemasaran adalah proses bisnis yang dinamis karena merupakan sebuah proses integral yang menyeluruh dan bukan gabungan aneka fungsi dan pranata yang terurai.
4.      Program pemasaran dimulai dengan sebutir gagasan produk dan tidak terhenti sampai keinginan konsumen benar-benar terpuaskan, mungkin beberapa waktu setelah penjualan dilakukan.
5.      Untuk berhasil pemasaran harus memaksimalkan penjualan yang menghasilkan laba dalam jangka panjang.
Kegiatan pemasaran agar supaya dapat berjalan sesuai dengan tujuannya maka diperlukan adanya kegiatan manajemen atau manajerial. Kegiatan manajerial yang utama adalah : perencanaan, organisasi, koordinasi kerja, dan pengawasan. Adapun tugas manajer pemasaran adalah :
1.      Perencanaan terhadap kegiatan pemasaran
2.      Menggiatkan pelaksanaan kegiatan pemasaran
3.      Pengendalian kegiatan pemasaran

Biar lebih jelasnya terdapat keadaan Permintaan dan Tugas Pasar dalam Manajemen Pasar, diantaranya:
1. Permintaan negative
    Sebagian besar pasar tidak menyukai produk. Tugas pemasar adalah menganalisis mengapa pasar tidak menyukai produk, dan apakah suatu program pemasaran dapat mengubah kepercayaan dan sikap pasar melalui perancangan kembali produk, harga yang lebih rendah dan promosi yang lebih positif.

2. Tidak ada permintaan
    Tidak memiliki kepentingan terhadap manfaatnya. Tugas pemasar adalah menemukan cara untuk menghubungkan manfaat produk dengan kebutuhan dan minat pasar.

3. Permintaan terpendam
    Memiliki harsat kuat terhadap sesuatu yang tidak dapat dipuaskan oleh produk atau jasa yang ada. Tugas pemasar adalah mengukur besarnya pasar potensial ini dan mengembangkan barang serta jasa yang akan memuaskan permintaan terhadap produk tersebut.

4. Permintaan yang menurun
    Setiap organisasi cepat atau lambat menghadapi menurunnya permintaan terhadap satu atau lebih produknya. Tugas pemasaran adalah meningkatkan kembali permintaan yang menurun melalui upaya pemasaran kembali produk bersangkutan dengan cara kreatif.

5. Permintaan yang tidak teratur
    Permintaan yang berubah ubah menurut musim, hari, atau bahkan jam. Tugas pemasaran adalah menemukan cara untuk mengubah pola waktu permintaan melalui cara penentuan harga yang lebih fleksibel, promosi dan rangsangan lainnya.

6. Permintaan penuh
    Menghadapi permintaan penuh apabila organisasi itu puas terhadap volume atau hasil yang telah dicapainya. Tugas pemasaran adalah mempertahankan tingkat permintaan ini di tengah perubahan selera konsumen serta meningkatnya persaingan.

7. Permintaan yang berlebihan
    Menghadapi permintaan tingkat yang lebih tinggi dari pada yang dapat atau ingin dilayaninya. Tugas pemasaran adalah melakukan demarketing yaitu menemukan cara untuk mengurangi permintaan sementara maupun permanen, seperti dengan menaikan harga, mengurangi promosi ataupun aktivitas pelayanan.

8. Permintaan yang tidak sehat
    Akan memunculkan upaya yang terorganisasi untuk mengurangi ataupun mencegah penggunaannya. Tugas pemasaran adalah mengajak orang orang yang mengemari produk produk ini untuk mengurangi atau meninggalkannya, dengan peningkatan harga, memberikan ancaman bagi yang menggunakan, maupun mengurangi ketersediaan produknya.

Agak rumit sih, tapi semoga dari ringkasan yang saya buat semoga kalian para pembaca. Merasa puas dengan apa yang saya postingkan. hehehe

Baiklah kita lanjut untuk soal yang terakhir yakni :
Jelaskan apa bedanya Kebutuhan dan Keinginan berdasarkan Konsep Inti Pemasaran?
Meskipun peran pemsaran sangat penting dalam setiap kegiatan bisnis, pemahaman pengertianya tidaklah seragam karena pengaruh beberapa faktor. Lingkungan, kondisi pasar, sifat produk, dan terutama pandangan pemasar atau pihak yang berkepentingan terhadap pemasaran tersebut. Dengan kata lain dapat dikatakan bahwa konsep pemasaran yang dianut oleh masing-masing perusahaan tidaklah sama. Konsep pemasaran perusahaan falsafah atau anggapan yang dipercaya oleh perusahaan sebagai dasar dari setiap kegiatannya untuk melayani kebutuhan konsumen. Konsep pemasaran ini dalam perjalanan waktunya mengalami perkembangan (evolusi pemikiran). Konsep pemasaran bertujuan memberikan kepuasan terhadap keinginan dan kebutuhan konsumen.
Konsep pemasaran merupakan falsafah perusahaan yang menyatakan bahwa keinginan pembeli adalah syarat utama bagi kelangsungan hidup perusahaan. Definisi konsep pemasaran menurut Basu Swastha (2002:17) “Konsep pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomis dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan”.
Berdasarkan konsep inti pemasaran bukan hanya kebutuhan dan keinginan saja tetapi ada juga permintaan. Ada perbedaan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan.
Kebutuhan manusia adalah keadaan dimana manusia merasa tidak memiliki kepuasan dasar. Kebutuhan tidak diciptakan oleh masyarakat atau pemasar, Namun, sudah ada dan terukir dalam hayati kondisi manusia. Seperti keadaan merasa tidak memiliki kepuasan dasar.
Contoh :
a.     Manusia lapar, maka butuh makanan
b.      Saat manusia haus, maka ia butuh minum untuk menghilangkan rasa hausnya
c.     Saat manusia merasa mengantuk, maka manusia butuh tidur untuk mengistirahtkan tubuhnya sejenak
Keinginan adalah hasrat akan pemuas tertentu dari kebutuhan tersebut. Keinginan manusia dibentuk oleh kekuatan dan institusi sosial. Seperti bentuk kebutuhan manusia yang dihasilkan oleh budaya dan kepribadian individual.
Contoh :
a.       Orang Madiun sarapan dengan nasi pecel
b.      Orang Sunda sarapan dengan lalap lalapan
c.       Orang Padang sangat suka makanan pedas
Sedangkan Permintaan adalah keinginan akan sesuatu yang didukung dengan kemampuan serta kesediaan membelinya.
Contoh : Seseorang membeli baju dengan kartu kredit ATM di sebuah Departement store
Keinginan menjadi permintaan bila didukung dengan daya beli. Perbedaan ini bisa menjelaskan bahwa pemasar tidak menciptakan kebutuhan; kebutuhan sudah ada sebelumnya. Pemasar mempengaruhi keinginan dan permintaan dengan membuat suatu produk yang cocok, menarik, terjangkau dan mudah didapatkan oleh pelanggan yang dituju.

Demikian yang dapat saya posting sekilas tentang bahasan Pemasaran dalam pengantar bisnis ini. Semoga apa yang saya posting dapat bermanfaar J Aamiin. Kritik dan saran saya tunggu demi pembangunan ke depan Blog saya ini J terima kasih. Semoga hari dan waktu anda selalu menyenangkan :)
Wassalamualaikum wr.wb
Sumber  :
Aniisniis. Pemasaran. <http://aniisniis.blogspot.com/2010/11/pemasaran.html>. 8 November 2013
Budiarto teguh, 1993. Dasar-Dasar Pemasaran. Gunadarma : Jakarta
Eprints. Pemasaran. <http://eprints.uny.ac.id/8708/3/bab%202%20-09410134003.pdf>. 8 November 2013
Majidbsz. Pengertian konsep definisi pemasaran. <http://majidbsz.wordpress.com/2008/06/30/pengertian-konsep-definisi-pemasaran/>. 8 November 2013
Supardiyo. <http://supardiyo.wordpress.com/tag/manajemen-pemasaran-manajemen-pemasaran/>. 8 November 2013

2 komentar:

Unknown mengatakan...

artikelnya sangat bermanfaat kak...

Witasari mengatakan...

terima kasih ^^ semoga bisa berguna

Posting Komentar